Memilih Bahan Pintu Rumah Minimalis yang Kuat dan Tahan Lama

Memilih Bahan Pintu Rumah Minimalis yang Kuat dan Tahan Lama

June 12, 2017 0 By admin

Rumahh.id – Rumah adalah tempat dimana penghuni di dalamnya merasa aman dan tentram. Hal ini juga berlaku pada rumah minimalis yang saat ini sedang digandrungi. Salah satu indikator penting yang harus diperhatikan adalah memilih bahan pintu rumah minimalis. Pintu sendiri memilih fungsi penting yakni sebagai perlindungan dan pencegahan dari ancaman orang atau benda asing serta penambah estetika.

Bahan pintu rumah minimalis tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bahan tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep rumah. Berikut ini ada beberapa bahan yang cukup sering menghiasi rumah bergaya minimalis

  1. Pintu kayu

Kayu merupakan bahan favorit yang digunakan dalam pembuatan pintu. Penggunaan pintu kayu pada rumah minimalis memunculkan kesan elegan, klasik dan mewah. Sayangnya pintu berbahan dasar kayu rentan terhadap rayap serta jamur. Namun, kini ada solusi untuk mendapatkan kayu yang awet yakni dengan melapisi cat khusus anti jamur.

  1. Pintu vynil

Vynil dipilih karena keunggulan yang ditawarkan. Pertama pintu dari bahan vynil tahan terhadap air sehingga Anda tidak perlu khawatir jika pintu mengalami pengeroposan. Kedua pintu vynil meredam suara sehingga tidak berisik saat dibuka tutup. Harganya sudah jelas jauh lebih terjangkau.

  1. Pintu WPC

Wood Plastic Composite atau WPC merupakan pintu yang menggunakan campuran serbuk kayu dan plastik dan diproses dengan baik sehingga menghasilkan pintu yang kuat serta tahan lama. Selain itu, pintu WPC aman dari api karena tidak memiliki sifat menjalar.

  1. Pintu baja

Mungkin pintu yang satu ini terkesan kurang tepat digunakan di dalam ruangan karena berat sehingga lebih sering digunakan untuk bagian eksterior seperti pintu gerbang. Pintu gerbang dari baja memiliki motif yang beragam.

Itu tadi beberapa bahan pintu rumah minimalis yang sudah sering digunakan. Dalam memilih pintu ada hal-hal yang harus dipertimbangkan. Misal ukuran, warna, serta penempatannya di beberapa ruangan. Biaya yang dikeluarkan pun tergantung pada bahan yang dipilih sehingga akan lebih bijak jika Anda berkonsultasi dengan ahlinya.