Desain Rumah Tropis Hemat Energy Tampak Unik Mewah

Desain rumah tropis pencahayaan bagus

Desain rumah tropis ~ Kesadaran masyarakat dunia akan semakin tipisnya cadangan energi di bumi membuat banyak ilmuan menerapkan desain rumah yang bisa mengurangi konsumsi kebutuhan energi. Salah satu energi yang paling banyak digunakan pada rumah tangga adalah energi listrik. Tidak bisa dipungkiri dengan penggunaan beragam alat elektronik saat ini membuat kebutuhan akan listrik menjadi semakin meningkat. Tidak hanya itu pada siang hari pun rumah tangga sering kali masih menggunakan lampu untuk menerangi sisi interior rumahnya.

Padahal sebenarnya jika desain rumah tersebut baik, maka penggunaan lampu pada siang hari bisa diminimalisir. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jendela kaca transparan dimana nantinya sinar matahari akan lebih mudah menembus bagian dalam ruangan sehingga secara tidak langsung konsumsi listrik untuk lampu sudah tidak diperlukan lagi. Selain penggunaan jendela kaca juga diperlukan genteng kaca yang mana akan lebih maksimal lagi pendaran cahaya yang dihasilkan. Sebuah rumah yang didirikan di area tropis memang lebih sering mengalami cuaca yang panas, sehingga penggunaan AC ataupun kipas angin menjadi lebih meningkat.
Point tersebut juga patut diperhatikan yaitu dengan membuat interior ruangan menjadi lebih sejuk meskipun tanpa menggunakan AC maupun kipas angin. Caranya adalah dengan menerapkan sistem ventilasi udara silang dengan menerapkan prinsip tersebut nantinya setiap ruangan yang ada di dalam rumah akan terasa sejuk karena udara dalam ruangan bisa dengan mudah berganti dengan udara segar yang ada di luar ruangan.

Ventilasi ruangan dengan model tersebut bisa diterapkan ke dalam 3 bagian, yaitu ventilasi atas, tengah dan bawah. Sehingga sirkulasi udara bisa benar-benar maksimal, tidak perlu terlalu besar lubang ventilasi yang digunakan, cukup dengan ukuran yang kecil saja namun jumlahnya banyak sehingga akan lebih terasa kesejukannnya. Dengan memberikan suasana yang nyaman dan sejuk maka penggunaan energi listrik untuk mentenagai AC menjadi semakin minim. Oleh sebab itu desain ini begitu tepat jika dimasukkan ke dalam kategori desain rumah hemat energi. Selain memperhatikan sisi bentuk dan model dari bangunan, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah bahan-bahan yang digunakan. Penggunaan bahan kayu memang lebih mahal namun ia bisa memberikan suasana yang nyaman pada ruangan sehingga terasa lebih sejuk ketika matahari panas serta juga dapat memberikan suasana yang hangat meskipun dalam kondisi hujan.

Oleh sebab itu hindari penggunaan bahan bangunan terutama pada bagian atap dengan bahan-bahan plastik, atap baja dan lain sebagainya. Semoga ulasan mengenai Desain rumah tropis hemat energy bisa memberikan sajian informasi yang bermanfaat untuk anda.