Desain Rumah Kucing Tingkat Modern

Desain Rumah Kucing Tingkat Modern

June 3, 2017 0 By admin

Rumahh.id – Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak disukai di sebagian masyarakat. Tidak anak-anak, tidak orang dewasa banyak yang menyukai kucing. Sebagian dari kita memilih untuk memelihara kucing. Kucing bisa menjadi binatang peliharaan ataupun binatang kesayangan. Bahkan ada beberapa riset yang membuktikan bahwa mengelus kucing bisa menurunkan tingkat stress seseorang.

Ragam Ras Kucing di Indonesia

Di berbagai Negara khususnya Indonesia, kucing merupakan peliharaan yang sudah mulai dikembangkan dengan berbagai jenis ras. Mulai spinx, Persia, scotishfild, mainecoon, sampain peaknose. Populasi kucing di Indonesia pun meningkat, terbukti dengan munculnya komunitas-kumunitas pecinta kucing di berbagai daerah di Indonesia. Mereka membentuk komunitas berdasarkan ras kucing tersebut. Lalu mengadakan pertemuan ataupun gathering di sebuah tempat dan sharing mengenai kucing-kucing mereka. Hal tersebut sudah banyak dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia. Bahkan beberapa ada yang dipamerkan di acara seperti car-free-day agar membuat orang lain juga tertarik memelihara kucing.

Rumah atau Kandang Kucing

Sebagai seseorang yang mencintai kucing tentu saja rumah kucing merupakan hal wajib yang harus anda miliki. Karena kucing itu sendiri diperuntukkan kepada kita untuk dijaga dan dirawat kesehatannya. Selain desain rumah kucing yang penting, ada hal lain yang harus diperhatikan ketika kita membangun rumah kucing. Seperti halnya, intensitas sinar matahari yang cukup dan tidak berlebihan, sirkularsi udara yang baik agar tidak pengap, kebersihan kandang, dan lain sebagainya. Selain hal tersebut, anda juga harus memperhatikan konstruksi kandang yang anda buat agar tidak menyulitkan anda ketika membersihkannya.

Lokasi Penempatan Rumah Kucing

Lokasi untuk penempatan rumah kucing juga harusnya menjadi perhatian bagi anda. Karena agar si kucing nyaman dan betah untuk tinggal di rumah kucing yang anda buat, anda seharusnya membuat sesuai kebutuhan si kucing tersebut. Dengan begitu maka si kucing akan merasa nyaman untuk tinggal di rumah yang anda buatkan. Hal yang paling direkomendasikan adalah untuk memisah rumah kucing dengan rumah yang anda miliki agar si kucing dan anda sama sama merasa nyaman. Jikalau anda tidak ingin memisahnya dan ingin agar kucing anda tinggal serumah dengan anda, sebaiknya anda menjaga kebersihan rumah anda karena mempertimbangkan bila kucing keluar rumah dan kotor lalu masuk kerumah anda. Ada 2 pilihan dalam penentuan lokasi penempatan rumah kucing. Yaitu :

  1. Indoor

Rumah kucing indoor ini terkenal lebih aman dan lebih mudah di perhatikan. Karena anda bisa dengan leluasa mengatur tata letak ruangan untuk rumah kucing anda tersebut. Dan anda juga dapat melihat kucing anda dengan mudah. Namun ada hal yang harus diperhatikan bila anda memilih indoor sebagai penempatan lokasi rumah kucing anda. Yaitu sirkulasi udara. Karena indoor tentunya beda dengan outdoor yang udara bebas tersebar dimana-mana. Bila indoor udara sedikit yang masuk. Jadi ada baiknya bila anda menggunakan mesi sirkulasi udara atau pendingin ruangan seperti AC. Jadi anda bisa mengatuh suhu ruangan yang pas untuk kucing anda ataupun anda. Dan jangan pula and juga harus menjaga kebersihan ruangan khusus kucing tersebut.

  1. Outdoor

Rumah kucing yang berada outdoor tentu saja akan mendapat sirkulasi yang lebih banyak dan lebih baik. Dan juga anda juga bisa membuat rumah kucing tersebut sesuka hati anda tanpa harus terbatas oleh dinding ruangan. Akan tetapi kelemahan penempatan rumah kucing outdoor adalah masalah keamanan. Bisa saja ada kucing yang kabur ataupun pencurian kucing oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu anda harus memberi keamanan ekstra jika anda tidak ingin kehilangan kucing anda. Untuk bahannya sendiri, bila outdoor, biasanya terbuat dari besi, kayu ataupun alumunium.