Gambar Desain Pintu Mushola Di Dalam Rumah Minimalis

Desain mushola dalam rumah ~ Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari kegiatan yang berkaitan dengan spiritual. Dimana setiap orang pasti membutuhkan sentuhan kerohanian selain aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan maupun sekolah. Setiap orang memiliki agama yang berbeda, namun mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam sehingga hampir setiap rumah seharusnya memiliki area khusus untuk digunakan sebagai tempat menunaikan ibadah sholat 5 waktu. Idealnya memang demikian, karena dalam keadaan beribadah setiap orang pasti membutuhkan tempat yang tenang, apalagi ajaran Islam mengutamakan tempat yang suci dan bebas dari najis. Jika memiliki area khusus maka hal tersebut bisa dimaksimalkan.

Untuk itu ada baiknya jika setiap rumah memiliki mushola di dalam rumah sehingga masing-masing anggota keluarga bisa menunaikan ibadah di tempat tersebut. hal-hal yang mendasari saat mendesain mushola dalam rumah adalah sebagai berikut.

• Lokasi
Jika rumah yang anda miliki cukup luas maka ada baiknya jika anda membangun mushola secara terpisah dari rumah induk. Misalnya di area samping atau belakang rumah, dengan demikian suasana yang tenang bisa lebih mudah untuk diwujudkan.
Tetapi jika rumah anda tidak terlalu luas maka anda dapat memanfaatkan salah satu ruangan yang ada di rumah anda untuk dijadikan mushola, pilihlah ruangan yang jauh dari keramaian seperti area dapur ataupun kamar mandi.
Jika anda memiliki ruangan di sekitar ruang tamu, maka ruangan tersebut bisa anda manfaatkan untuk dijadikan mushola. Selain bisa memudahkan anda untuk mendapatkan ketenangan, jika ada kunjungan dari tamu dan ingin sholat di rumah anda maka mereka bisa dengan mudah menjangkau area tersebut.

• Perabotan
Untuk sebuah mushola tidak banyak membutuhkan perabotan, yang terpenting adalah adanya karpet yang lembut dan nyaman untuk melapisi lantai agar tidak terasa dingin. Rak penyimpanan agar bisa meletakkan sajadah, sarung, mukena dan Mushaf Al-quran.
Perabotan lainnya yang bisa mendukung adalah adanya cermin, untuk merapikan diri sebelum sholat. Cermin selalu dibutuhkan oleh wanita untuk memastikan bahwa auratnya benar-benar tertutup.

• Pencahayaan
Pencahayaan diperlukan untuk mendukung kenyamanan saat melakukan ibadah, karena umat Islam tidak hanya melakukan sholat saja untuk mendukung ibadah namun juga berzikir dan membaca mushaf Al-Quran sehingga diperlukanlah pencahayaan yang cukup.

• Aksesori
Aksesori yang sesuai untuk mushola adalah lukisan kaligrafi, jadwal sholat serta panah arah kiblat sebab kadang kala seseorang terutama tamu yang berkunjung ke rumah anda mengalami kebingungan dalam menentukan arah kiblat. Semoga ulasan mengenai Desain mushola dalam rumah dapat memberikan sajian informasi yang menarik dan bermanfaat untuk anda.