Cara Menata Ruang Tamu Sempit Agar Tampak Luas

Cara Menata Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Luas. kebutuhan akan ruang tamu hampir selalu dialami oleh setiap pemilik rumah. meskipun bisa dikatakan bahwa sebuah rumah tidak setiap hari menerima tamu, namun alangkah lebih bijaknya bagi setiap kepala keluarga untuk memikirkan area khusus guna menyambut kedatangan tamu.

Apabila rumah yang dimiliki tidak terlalu lebar, maka ruangan yang dialokasikan untuk dijadikan sebagai ruang tamu mungkin juga akan terbatas. tetapi hal tersebut bukanlah sebuah alasan untuk tidak memiliki ruang tamu mungil yang nyaman. Karena semuanya dapat disiasati, dengan penataan yang tepat maka ruang tamu yang sebenarnya tidak terlalu luas akan terlihat lebih lega. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa point yang akan sangat berpengaruh terdapat kesan sempit atau longgarnya sebuah ruangan.

Cara Menata Ruang Tamu

Cara Menata Ruang Tamu Sempit Agar Tampak Luas
a) Warna interior
Seperti yang telah kita pahami bersama bahwa setiap warna memberikan kesan dan nuansa yang berbeda. Pemilihan jenis warna yang tepat akan menggambarkan nuansa atau kesan yang diinginkan. untuk ruangan yang kecil terutama pada ruang tamu, penggunaan warna yang cerah dan tidak terlalu ramai akan sangat membantu memunculkan kesan yang luas.
Warna tersebut termasuk pada warna dinding, warna plafon sekaligus juga warna perabotan yang digunakan. Sebab ketiga aspek ini akan membentuk sebuah tema pada ruangan, sehingga pemilihan warnanya harus harmonis meskipun tidak harus seragam. Karena penggunaan satu warna saja akan membuat suasana ruangan menjadi membosankan, apalagi untuk ruang tamu yang seharusnya menggambarkan suasana yang nyaman dan penuh kehangatan.

b) Furniture
Furniture yang diperlukan pada ruang tamu dengan ukuran apapun adalah sama, yakni meja dan kursi tamu. Hanya saja yang membedakannya adalah model dan ukurannya. pada jenis ruang tamu yang ukurannya sempit, akan lebih tepat jika menggunakan kursi maupun meja dengan model yang simple dan ukuran yang tidak terlalu besar. Dengan demikian penempatannya juga akan lebih mudah, serta tidak membuat ruangan menjadi tampak penuh sesak. Saat ini ada banyak sekali pilihan furniture minimalis yang disediakan untuk ruang tamu dengan ukuran yang kecil.

c) Tata lampu
Pesona keindahan sebuah desain ruangan tidak akan pernah terlepas dari adanya pencahayaan. Selain itu pendar cahaya yang terdapat pada sebuah ruangan juga akan menentukan kesan yang berbeda. Untuk ruangan yang kecil penggunaan lampu dengan sinar yang cukup akan lebih baik, menghindari penggunaan cahaya yang berlebihan akan membuat suasana terasa lebih dingin. Begitu juga sebaliknya, ruangan yang sempit perlu menghindari penerapan lampu dengan cahaya temaram, sebab akan memberikan kesan pengab dan sempit.

Dengan menentukan ketiga aspek di atas secara tepat maka Cara Menata Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Luas akan semakin mudah untuk diterapkan.