Cara Memasang Talang Air PVC Agar Tidak Bocor

Pemasangan Talang air rumah

Cara Memasang Talang Air PVC Agar Tidak Bocor ~ Talang air merupakan bagian penting bagi atap rumah agar keawetan bahan atap tetap terjaga. Tak jarang kebocoran yang terjadi pada sebuah rumah lebih disebabkan oleh kesalahan-kesalahan pada pemasangan talang yang membuat air sering melimpah dan tertahan di atap setelah hujan reda. Inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya korosi dan jika tidak dideteksi lebih awal akan membuat lubang dan mengganggu kenyamanan di dalam rumah terutama di musim hujan. Untuk itu cara pemasangan talang air perlu dipahami baik untuk tujuan pemasangan talang baru atau untuk perbaikannya bila rusak. Artikel ini secara khusus membahas tentang cara pemasangan talang air berikut beberapa gambar sebagai contohnya.

Baca juga : Cara Pasang Talang Air Plastik Dan PVC Di Atap Rumah

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang talang air pada sebuah rumah antara lain harga, estetika dan tentu saja bahan dasar dari talang air. Produk-produk talang yang tersedia saat ini memiliki beragam variasi harga mulai dari yang paling murah hingga sangat mahal. Namun, sebagai bagian yang lebih fungsional kualitas bahan talang hampir selalu didukung oleh tingginya harga. Pada awalnya memang merupakan investasi yang mahal, namun harga ini setimpal dengan keawetan talang air.

Dari sisi estetika, talang air memiliki kualitas yang perlu dipertimbangkan terutama pada sisi eksterior rumah. Beberapa pemilik rumah tipe klasik memilih talang tembaga setengah lingkaran yang disangga oleh penyangga melingkar atau spiral demi memperkuat kesan klasiknya. Sementara itu pada rumah minimalis talang yang dipakai lebih simpel seperti bentuk setengah lingkaran dengan penyangga kecil. Bahan yang umum dipakai untuk talang air bisa dikelompokkan menjadi talang berbahan dasar plastik (PVC) dan talang air berbahan dasar logam (aluminium, galvalum, tembaga atau seng). Talang PVC relatif lebih murah dan banyak dipilih oleh pemilik rumah minimalis atau rumah-rumah konvensional. Selain itu talang PVC relatif mudah dipasang dan satu-satunya kelemahan adalah kekuatan dan keawetannya. Talang PVC mudah terkena pengaruh perubahan cuaca sehingga dalam periode tertentu harus diganti.

Untuk tipe rumah yang lebih mewah dan elegan talang air dipasang bukan sekadar sebagai saluran pembuangan air dari atap. Talang air di rumah-rumah mewah juga berfungsi melengkapi keindahan di rumah. Oleh karena itu rumah-rumah ini menggunakan talang yang berbahan logam. Secara kualitas boleh dibilang talang berbahan logam unggul baik dari kekuatan dan keawetan dan juga dari segi keindahannya. Baru-baru ini trend penggunaan talang berbahan galvalum dan aluminium menjadi populer karena menggabungkan keunggulan kekuatan dan kualitas serta harganya relatif lebih murah meski masih lebih mahal dibandingkan talang PVC. Demikianlah beberapa informasi seputar talang air yang banyak dipakai di rumah-rumah mudah-mudahan informasi ini memberi inspirasi dan manfaat.