Cara Ampuh Membersihkan Keramik Dinding Kamar Mandi

Cara Membersihkan Keramik Dinding Kamar Mandi. menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, semua agama mengajarkan hal tersebut. hal ini dikarenakan kebersihan yang terjaga akan meningkatkan mutu kesehatan, sehingga manusia tidak mudah terserang virus maupun bakteri yang menyebabkan penyakit.

Kebersihan rumah harus senantiasa dijaga tidak hanya pada bagian ruangannya saja, melainkan juga pada area kamar mandi. daerah yang hampir selalu basah ini memang rentan ditumbuhi oleh jamur, kuman dan bakteri. Selain kuman-kuman yang tidak terlihat, pada dinding kamar mandi biasanya juga ditumbuhi oleh lumut ataupun kerak yang menyebabkan pemandangan pada kamar mandi menjadi kurang sedap dipandang mata.

Dinding kamar mandi hotel bintang lima
Dinding kamar mandi hotel bintang lima yang bersih

Hampir semua rumah akan menggunakan keramik untuk melapisi bagian dinding kamar mandi, penggunaan keramik dimaksudkan agar air tidak merembes ke dalam dinding yang terbuat dari semen, selain itu keramik juga lebih tahan air dan mudah untuk dibersihkan.

Namun demikian jika keramik pada dinding kamar mandi jarang dibersihkan menggunakan sikat maka akan sangat mudah ditumbuhi oleh lumut dan kerak, jika sudah demikian maka proses pembersihannya memang membutuhkan upaya yang lebih kuat. Bagi anda yang saat ini sedang mencari cara membersihkan dinding keramik kamar mandi, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan.

a) Cuka
Selain digunakan untuk mengolah bahan masakan, cuka juga memiliki kemampuan untuk merontokkan kerak yang ada di keramik kamar mandi. untuk itu penggunaannya tidak perlu terlalu banyak, cukup campurkan 2 tutup air cuka ke dalam 500 liter air bersih kemudian sapukan ke atas permukaan keramik dinding kamar mandi. diamkan selama 20 hingga 30 menit baru kemudian sikat menggunakan sikat kamar mandi, dengan demikian kerak akan menjadi lebih lunak dan mudah luntur.

b) Cairan pembersih khusus
Apabila anda merasa kesulitan dalam menggunakan bahan-bahan alami ataupun karena hasilnya kurang memuaskan maka tidak ada salahnya untuk melakukan proses pembersihan keramik dinding kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk merontokkan kerak pada keramik.

Proses ini bisa dilakukan sesuai dengan aturan pemakaian yang dituliskan pada kemasan. Perlu diwaspadai akan bahan kimia yang cukup keras pada cairan-cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan keramik, oleh karena itu gunakan sarung tangan plastik dan juga lindungi kaki anda dengan menggunakan sandal agar cairan kimia tersebut tidak membahayakan kulit anda.

Perlu ketlatenan untuk mendapatkan warna indah alami dari keramik yang sudah terlanjur berkerak. Oleh sebab itu ada baiknya jika setiap 2 kali dalam seminggu meluangkan waktu untuk membersihkan permukaan keramik kamar mandi agar tidak sampai muncul lumut ataupun kerak. Semoga ulasan mengenai Cara Membersihkan Keramik Dinding Kamar Mandi dapat memberikan informasi yang anda perlukan.