Bingung Cara Membedakan Mana Kosmetik Yang Halal dan Non Halal di Pasaran? Ini Dia Triknya

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kosmetik merupakan senjata andalan bagi kaum wanita untuk menunjang penampilannya. Ya, dengan menggunakan sentuhan kosmetik, tentunya akan membuat penampilan kita menjadi jauh lebih menarik lagi. Namun tahukah kamu? Ternyata tak sedikit produk-produk kosmetik di pasaran yang komposisinya mengandung unsur najis lho! Tapi kamu tidak perlu khawatir, berikut dibawah ini ada trik untuk membedakan mana kosmetik halal dengan kosmeyik yang non halal :

1. Cek Bagian komposisinya

Trik pertama yang harus kamu ketahui dalam membedakan mana kosmetik yang halal dan non halal, yakni dengan mengecek bagian komposisinya. Ya, disini kamu harus memastikan bahwa komposisi dari produk kosmetik tersebut tidak mengandung unsur najis seperti lemak babi, alkohol, dan semacamnya. Disamping itu, pastikan juga bahwa produk kosmetik tersebut tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya.

2. Lihat Bagian Label Halalnya

Selain mengecek bagian komposisinya, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengecek label halalnya. Dan seperti yang sudah kita ketahui, bahwa label halal ini adalah tugas utama dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). APabila kamu mendapati produk kosmetik yang tidak ada label halalnya, maka bisa dipastikan bahwa produk kosmetik tersebut sangat diragukan akan kehalallannya.

3. Cek Kode Legalitas Dari BPOM

Trik berikutnya yang harus kamu ketahui untuk membedakan mana kosmetik yang halal dengan yang non halal, yaitu mengecek kode legalitas dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Ya, sesuai dengan namanya, tentu saja BPOM ini menjadi aktor utama dalam menentukan layak atau tidaknya produk kosmetik tersebut untuk konsumen. Apabila produk kosmetiknya layak untuk di edarkan di pasaran, maka produk kosmetik tersebut diberi kode legalitas dari BPOM pada bagian kemasannya.

Itulah beberapa trik simple untuk membedakan mana kosmetik yang halal dengan yang non halal. Nah, berbicara soal kosmetik halal, kini telah hadir produk asal Negeri Jiran yang bernama Safi.