Bentuk Daun Pintu Dan Kusen Rumah Minimalis Terkini

bentuk kusen pintu rumah minimalis

Bentuk Daun Pintu Dan Kusen Rumah   ~ Rumah minimalis menjadi topic yang tidak habis-habisnya dibicarakan. Berbagai terobosan dan inovasi terus dilakukan dan hasilnya sampai saat ini tak terhitung corak desain dengan keunikan masing-masing ditawarkan baik oleh pengembang maupun desainer. Salah satu bagian penting dari rumah adalah pintu. PIntu ini menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dan juga menghubungkan bagian dalam dan luar rumah. Keberadaan pintu menjadi sangat vital baik dari sgi fungsional maupun dari segi dekoratifnya.

Ada berbagai jenis desain pintu yang sudah dihasilkan sejauh ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pada rumah bertipe minimalis pintunya pun didesain menyesuaikan bentuk yang memudahkan sekaligus membua aktivitas keluar masuk ke dalam rumah atau dia ntara satu ruangan ke ruangan lain menjadi lebih efisien dan nyaman.

Dari segi arah membuka dan menutupnya pintu rumah bisa dibagi menjadi dua tipe: pintu sliding atau geser dan pintu konvensional yang mebuka dan menutup kedepan-belakang. Untuk pintu sliding atau pintu geser konsep ini cukup digemari karena memberi kepraktisan dan efisiensi terbaik. Daun pintu relative tidak mengganggu aktivitas ataupun juga tidak menghalangi pandangan yang membuat ruang terkesan sempit.

Ada banyak jenis pitnu model sliding ini. Untuk memberi citrasa yang oriental dan natural maka pintu sliding model jepang menjadi pilihan yang pas. Dari segi bahan, umumnya pintu sliding menggunakan kombinasi antara bahan natural dan bahan logam. Setidaknya untuk bagian bawah di mana roda pintu bisa meluncur dibutuhkan bahan baja, demikian pula untuk batang tempat menggantungnya daun pintu.

Bentuk Daun Pintu Dan Kusen Rumah Minimalis Terkini

contoh daun pintu rumah minimalis
contoh daun pintu rumah minimalis

Untuk corak, model daun pintu sliding bisa menyesuaikan dengan cat dinding atau tema yang disusun pada suatu ruangan di mana pintu ini dipasang. Untuk pintu yang dipasang pada ruang tengah pilihlah warna yang lebih cerah dan bisa pula dengan motif atau ukiran yang bagus. Sementara untuk pintu depan atau pintu belakang, pertimbangan utama dititik beratkan pada kualitas dan kekuatan bahan dengan kata lain mengutamakan faktor keamanan. Yang perlu diperhatikan pula adalah bagian bawah atau roda pintu model sliding harus dirawat dan terus diberi pelumas. Kejadian yang banyak dialami antara lain pintu macet gara-gara bagian rodanya berkarat dan terlalu kering.

Selanjutnya beralih ke pintu model tradisional atau konvensional. Pintu model ini bisa terdiri atas satu daun pintu atau dua daun pintu. Kapan kita memilih salah satu di antaranya? Pemilihan tentu bergantung pada lebar dan tinggi dari pintu itu sendiri. Untuk pintu rumah minimalis penggunan pintu tradisioanl dengan satu daun pintu lebih disukai karena memang menghemat tempat dan biayanya juga lebih murah. Dari segi bahan, pemilhan bahan kombinasi antara kayu dan logam masih menjadi alternative yang paling murah dengan mempertimbangkan kualitasnya juga.